Berbagai Pilihan Wooden Blind Untuk Hunian Tampak Lebih Natural

Berbagai Pilihan Wooden Blind Untuk Hunian Tampak Lebih Natural

Rumah yang asri semakin populer di daerah perkotaan. Mengadopsi elemen pedesaan diantara hunian yang padat dimana mobilitas sangat tinggi menjadi tempat tinggal yang menyegarkan setelah seharian berada di hiruk pikuk kesibukan kota. Rumah bergaya modern pun dapat menggunakan dekorasi ala rumah bergaya natural untuk memberikan nuansa yang segar. Salah satunya adalah menggunakan material bahan baku kayu pada lantai, dinding, perabotan atau bahkan bagian kerai atau tirai.

Aneka Jenis Wooden Blinds Untuk Sentuhan Natural

Bahan kayu selain berfungsi untuk mengatur pencahayaan alami juga dapat memberikan sentuhan alami. Tirai memiliki berbagai nama yang dikenal di pasaran sebagai kerai, gorden atau blinds. Bahan kayu yang kaku dan kokoh lebih cenderung disebut kerai atau wooden blinds yang memiliki bentuk datar. Sedangkan gorden atau tirai memiliki bahan dasar kain yang lebih flowy. Berikut adalah beberapa jenis wooden blinds yang dapat digunakan dirumah untuk tampilan asri.

1. Vertical Blinds

Bentuk vertikal merupakan bentuk yang dapat membuat ruangan terlihat lebih tinggi. Penggunaanya selain disandingkan dengan jendela untuk mengatur cahaya matahari dapat juga ditempatkan di tengah ruangan sebagai sekat bongkar pasang. Cara unik ini multifungsi sebagai partisi dan blinds pada waktu yang bersamaan. Berbagai tipe vertical blind terbilang murah dibandingkan membangun partisi atau dinding pemisah. Bahan kayunya pun terlihat elegan dan mewah di tengah ruangan.

2. Horizontal Blinds

 

Kerai dengan bentuk horisontal merupakan bentuk blinds yang paling umum dan mendasar. Sekatnya yang mendatar membiarkan sinar matahari mengeruak dari sisi luar ruangan. Bentuk wooden blinds seperti ini memberikan efek dim out yang sempurna dimana berkas cahaya tidak terlalu leluasa kedalam rumah sehingga tidak terlalu terik. Pengaturanya dapat mudah dikendalikan dengan poros putar atau tali yang dapat dinaik turunkan.

3. Bamboo Blinds

 

Terdapat banyak sekali jenis kayu yang dapat dijadikan kerai untuk rumah. Namun untuk poin ini bahan bambu merupakan bahan baku yang layak direkomendasikan disini karena tergolong populer dari sekian banyak jenis blinds. Bentuk alaminya panjang dapat disusun rapi dengan paduan tali tipis, adalah hasil usaha kecil pedesaan yang tetap memiliki penggemarnya tersendiri. Jenis kerai ini paling cocok ditempatkan diluar rumah yang bersentuhan langsung dengan alam bebas.

4. Wooden Panel Blinds

 

Kayu sebagai bahan bangunan umumnya berbentuk panel. Oleh karena itu terdapat lantai panel kayu atau dinding wooden panel yang khas dengan susunan kayu yang berjajar. Untuk bahan kerai, wooden panel blinds memiliki lebar yang lebih besar dibandingkan jenis lainnya. Bentuknya yang horizontal pun memberikan pengaruh dim out yang memberikan tabir transparan bila ditutup sepenuhnya.

5. Horizontal Wooden Panel Blinds

 

Bentuk panel kayu yang lebar juga dapat digunakan secara horizontal dan menampilkan bentuk kerai yang unik dan tidak biasa. Bentuknya datar nan simple dan ekslusif sangat cocok untuk pengatur sinar mentari yang handal. Bahan kayunya memberikan sentuhan alami untuk ruangan modern yang modern nan simple. 

6. Black Out Wooden Blinds

 

Untuk kerai dengan bentuk blackout, ruangan akan lebih gelap karena kerai berbahan dasar gelap. Cahaya hanya bisa masuk apabila kerainya dinaikan sesuai selera. Jenis wooden blinds seperti ini sangat cocok untuk ruang tidur atau kamar mandi yang perlu privasi untuk saat-saat tertentu.

Sebagai elemen pengatur penerangan wooden blinds juga memberikan sentuhan alami pada rumah anda. Kini model dan jenisnya pun semakin variatif dan beragam. Keraibagus.com sendiri merupakan toko interior ruangan yang jual vertical blind, wooden panel blinds, bamboo blinds dan blinds lainnya dengan berbagai harga dan ukuran. Kini setelah selesai membaca artikel ini adan bisa langusng memilih produk dengan menyesuaikannya berdasarkan bentuk ruangan dan selera anda.