Tips dan Cara Merawat Vertical Blind Agar Lebih Awet

Tips dan Cara Merawat Vertical Blind Agar Lebih Awet

Semakin berkembangnya budaya modern, semakin berkembang juga kreatifitas dan gaya hidup masyarakat. Begitu pun dalam hal penggunaan gorden, yang bisa menggunakan jenis kain, kini beralih pada pemakaian gorden vertical blind. Jenis gorden yang satu ini dibilang sangat menarik dan mempunyai ragam jenisnya. Jika Anda menggunakan gorden jenis ini, maka cara merawatnya seperti berikut penting diperhatikan.

Kenali Sifat Bahan Vertical Blind yang Digunakan

Sebelum Anda melakukan perawatan pada gorden jenis ini, sebaiknya perhatikan terlebih dahulu jenis vertical blind yang dipakai. Untuk jenis vertical blinds pastinya sangat beragam dari segi bahannya. Dari mulai yang terbuat dari kayu, plastik, alumunium, dan lain sebagainya. Untuk itu, sebelum Anda membersihkan dan merawatnya, mengenali sifat bahan adalah sangat penting.

Hal ini dikarenakan, setiap material yang berbeda, beda pula cara perawatan dan pembersihannya. Apalagi tipe gorden ini pun cukup unik dari bentuk yang pastinya berbeda dengan gorden kain. Tak heran dalam perawatan dan pembersihannya pun perlu cara yang unik atau lebih hati-hati pula.

Tempatkan Pada Area yang Luas

Ketika Anda menggunakan gorden vertical blind di hunian, sebaiknya tempatkan di area yang luas. Usahakan juga agar tidak terlalu dekat dengan pintu sehingga lebih mudah dalam pembersihan dan bagian penarik gorden lebih fleksibel. Untuk itu, penting sekali bagi Anda memasang gorden jenis ini di area yang luas dan tidak sering dilalui orang.


Baca juga: KELEBIHAN GORDEN VERTICAL BLIND YANG MEMBUAT PEMINATNYA KIAN MARAK


Pasalnya, saat Anda menempatkan vertical blinds di lorong, tangga, atau area yang mudah terjangkau, membuat orang lalu lalang sering menyentuh komponennya. Jika hal tersebut sering dilakukan, tentu gorden pun akan jadi mudah rusak.

Berikan Space dengan Benda Lainnya

Tak hanya menempatkan di area yang luas saja, dalam merawat vertical blind, sebaiknya hindari menempatkannya berdekatan dengan benda lain. Misalnya saja Anda menempatkan gorden berhimpitan langsung dengan meja. Hal ini membuat gorden akan cepat rusak karena komponennya sering terjepit oleh meja. Untuk itu, usahakan bilah atau slatnya punya ruang yang cukup.

Bersihkan dari Debu yang Menempel

Meskipun vertical blind mempunyai jenisnya yang beragam didasarkan pada bahan, namun semuanya harus dibersihkan dari debu. Baik yang terbuat dari kayu, kaca, logam atau lainnya, tidak lepas dari debu. Anda harus membersihkan debu ini secara rutin baik menggunakan kemoceng, maupun mengelapnya dengan lap basah. Jika tidak bisa setiap hari, setidaknya bersihkan gorden dari debu sekitar satu minggu sekali agar debunya tidak menumpuk.

Perbaiki Semua Kerusakan Kecil

Ketika Anda menggunakan gorden vertical blind, maka penting sekali memperhatikan bagaimana kondisinya. Jangan sampai, ada kerusakan-kerusakan kecil yang jika dibiarkan akan berubah jadi kerusakan fatal. Sebaiknya, mulai perbaiki kerusakan demi kerusakan kecil yang terjadi. Misalnya saja ketika tali grendelnya terlepas, maka segera pasangkan kembali.  Begitu pun ketika ada kerusakan kecil lainnya yang sebaiknya segera diperbaiki.

Semakin cepat Anda dalam meminimalisir kerusakan, semakin terawat dan tahan lama juga penggunaan vertical blind milik Anda. Namun hal yang paling penting diperhatikan adalah hindari melakukan steam pada gorden Anda. Kerutan-kerutan yang terjadi, itu adalah wajar karena vertical blind lama digulung. Dengan dibiarkan, lama-lama kerutan pun akan menghilang.

Pada dasarnya, gorden jenis apapun akan awet jika dirawat dengan benar. Begitu pun dengan vertical blind yang pastinya harus dirawat dengan baik juga. Anda bisa menerapkan beberapa cara atau tips dalam merawatnya seperti yang sudah diulas sebelumnya. Anda juga bisa membeli gorden jenis ini di keraibagus.com yang merupakan tempat jual vertical blind dengan jenis maupun model beragam.