Inspirasi Desain Interior Rumah Dengan Gaya Mediterania

Desain Interior ala Italia

Inspirasi Desain Interior Rumah Dengan Gaya Mediterania

Negeri Eropa dikenal memiliki ciri khas desain interior yang menarik sekaligus menawan. Salah satu desain interior yang banyak digunakan adalah desain interior gaya mediterania. Gaya mediterania menampilkan visual kaya warna yang dipadukan dengan ciri khas era sebelumnya. Ciri khas tersebut memberikan kesan rustic pedesaan yang berpadu dengan kultur masyarakat daratan Eropa.

Hingga kini, gaya mediterania telah menjadi desain interior khas negeri Eropa seperti Spanyol, Italia, atau Yunani. Desain tiga negara tersebut memiliki citra desain klasik di mana unsurnya tidak akan hilang meski dipadukan dengan desain modern. Oleh karena itu, gaya mediterania banyak digunakan berbagai negara, terutama bagi mereka yang ingin menimbulkan kesan klasik bagi rumah yang ditinggalinya. Selain gaya Italia, Spanyol, serta Yunani, inspirasi desain interior juga didapat dari rumah-rumah Eropa bagian selatan seperti Malta, Vatikan, Portugal, dan Gibraltar.

Merancang rumah dengan desain mediterania artinya Anda menginginkan suasana rumah yang santai dan nyaman. Gaya mediterania didominasi dengan perabotan pedesaan khas Eropa. Gaya mediteriania juga memiliki warna yang cerah tetapi tetap menenangkan. Desain yang sangat cocok bagi pribadi yang menyukai keindahan dan ketenangan di dalam rumah.

Inspirasi Gaya Mediterania Berdasarkan Negara Asalnya

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, setiap negara Eropa memiliki ciri khas masing-masing, baik dari segi perabotan maupun warna yang digunakan. Namun jika ditarik garis besar, gaya mediterania biasanya memiliki warna turquoise khas Eropa bagian selatan, serta warna cerah nan hangat khas Eropa daratan. Dalam artikel ini kami akan memberikan ragam gaya mediterania berdasarkan negara asalnya:

  1. Desain Interior Mediterania ala Spanyol

Insipirasi Desain Interior Rumah Dengan Gaya Mediterania

Gaya mediterania Spanyol memiliki warna yang cerah dan mural mosaik yang menampilkan batu merah tua, biru kobalt, atau kuning. Mosaik ini juga dapat ditemukan di bingkai cermin atau aksesoris seperti lampu dan vas.  Penerapan warna cerah tidak hanya pada perabot saja, dinding dan langit-langit ruangan juga memiliki warna yang cerah. Meski rumah gaya eropa mayoritas berwujud mungil, tetapi tidak mustahil memiliki desain interior gaya mediterania dalam ruangan yang luas. Agar ruangan semakin elegan, Anda bisa menambahkan roller blind pada jendela berwarna senada dengan perabotan. Ada banyak toko yang jual roller blind dengan berbagai variasi.  Tirai modern ini tidak akan merusak kesan elegan dari warna dan perabotan bergaya medterania Spanyol.

  1. Desain Interior ala Yunani

Desain Interior ala Yunani

Kreasi gaya Yunani hampir menyerupai gaya modern. Dindingnya dilapisi dengan warna putih, diberi aksen biru turquoise dan kobalt. Selain dinding, Perabotannya pun juga dihiasi dengan warna putih sehingga memberikan kesan ruangan yang santai. Tidak banyak warna selain ketiga kombinasi warna di atas. Itulah sebabnya gaya Yunani adalah gaya yang paling sederhana karena tidak melibatkan terlalu banyak kombinasi warna. Kombinasi warna ini akan cocok bagi ruang tamu dan mampu memberikan kesan yang lebih luas pada ruangan. Untuk melengkapi gaya mediterania Yunani, Anda bisa menambahkan tirai modern berupa vertical blind. Saat ini sudah banyak toko yang jual vertical blind untuk memenuhi kebutuhan masyarakat akan kesan modern di dalam rumah.

  1. Desain Interior ala Italia

Desain Interior ala Italia

Desain interior tipe ini mirip dengan desain Tuscan, yaitu santai dan ringan. Mediteriania Italia melibatkan warna dan tekstur yang mirip dengan lanskap alam sekitar. Perabotannya menggunakan warna-warna bumi seperti warna jeruk, kuning, merah tua atau warna kayu. Sementara warna dinding yang digunakan adalah warna cokelat, senada dengan perabotannya. Meski memberikan kesan tenang, tidak ada salahnya menggunakan beberapa pelengkap ruangan modern seperti vertical blind atau roller blind. Anda bisa menemukan toko yang jual vertical blind maupun jual roller blind untuk melengkapi desain interior rumah.


Baca juga: Kelebihan Gorden Vertical Blind


Itulah tiga gaya Mediterania yang paling banyak diaplikasikan dalam interior rumah. Bagi Anda yang berminat menggunakan gaya Mediterania, lebih baik mengaplikasikan hingga ke detail perabotannya untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Apalagi jika Anda menyukai suasana yang santai, rileks, dan tenang. Maka desain interior seperti ini sangat cocok bagi pribadi Anda.